Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
Menurut Philip William J. Schultz
(2005 : 130) Manajemen pemasaran adalah “merencanakan, pengarahan, dan
pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari
perusahaan”.
Menurut
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009 : 5) mendefinisikan manajemen
pemasaran adalah “Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih,
mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan,
dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul”.
Berdasarkan definisi tersebut
menunjukan bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu seni dan ilmu untuk
memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan
dengan melakukan analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program
dengan harapan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Melihat definisi tersebut
manajemen pemasaran adalah faktor penting yang harus perusahaan kuasai agar
perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor dalam menjalankan aktivitas
produksinya.
Comments
Post a Comment