Definisi Strategi Menurut Para Ahli
Persaingan
bisnis yang semakin ketat menuntut pihak manajemen suatu perusahaan untuk
menggunakan strategi pemasaran yang tepat bagi produk atau jasa layanan yang
dijualnya. Pihak perusahaan harus mengamati kondisi persaingan bisnis yang
selalu berkembang atau berubah setiap saatnya. Pada dasarnya strategi merupakan
berbagai tahapan dari jawaban yang optimal terhadap tantangan-tantangan baru
yang mungkin dihadapi, baik sebagai akibat dari langkah sebelumnya maupun
karena adanya tekanan dari luar. Keseluruhan dari proses tersebut berada dalam
suatu arah tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dari awal. Dengan
manajemen strategi yang baik, maka perencanaan strategi atau pemimpin
perusahaan akan berpikir dan memandang perusahaan secara keseluruhan, sehingga
akan cepat dan mudah bagi pemimpin untuk mengidentifikasi masalah-masalah
strategi yang muncul. Menyusun strategi berarti mencari jalan bagaimana
mencapai hasil yang ditargetkan sesuai dengan visi dan misi di dalam situasi
organisasi dan prospek yang dihadapi. Strategi ini adalah jalan untuk mencapai
tujuan tertentu dan untuk mencapai posisi yang strategis.
Definisi strategi menurut Kotler
(2008:25) adalah sebagai berikut: “Strategi adalah proses manajerial untuk
mengembangkan dan menjaga keserasian antara tujuan perusahaan, sumber daya
perusahaan, dan peluang pasar yang terus berubah, dengan tujuan untuk membentuk
dan menyesuaikan usaha perusahaan dan produk yang dihasilkan sehingga bisa
mencapai keuntungan dan tingkat pertumbuhan yang menguntungkan”.
Menurut
(Rangkuti, 2009:3), strategi yaitu suatu alat untuk mencapai tujuan. Tujuan
utamanya adalah supaya perusahaan dapat melihat secara obyektif kondisi-kondisi
internal dan eksternal, sehingga perusahaan dapat mengantisipasi perubahan
lingkungan eksternal. Dalam hal ini dapat dibedakan secara jelas fungsi
manajemen, konsumen, distributor, dan pesaing. Jadi, perencanaan strategis
penting untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai
dengan keinginan konsumen dengan dukungan yang optimal dari sumber daya yang
ada.
Menurut David (2009 : 18)
Strategi adalah sarana bersama dengan tujuan jangka panjang hendak dicapai.
Strategi bisnis mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi,
pengembangan produk, penetrasi pasar, pengetatan, divestasi, likuidasi dan
usaha patungan atau joint venture. Dapat disimpulkan bahwa Strategi adalah
suatu proses perencanaan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan serta
merupakan suatu acuan atau landasan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Berdasarkan beberapa
pengertian atau definisi strategi di atas, dapat
disimpulkan bahwa strategi merupakan
alat untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memperhatikan faktor-faktor
perubahan lingkungan baik eksternal maupun internal karena sangat menentukan
kekuatan dan kelemahan perusahaan, sehingga dapat disusun strategi untuk
mencapai keunggulan kompetitif perusahaan.
Comments
Post a Comment