Definisi bauran produk menurut Kotler (2009:16)
Definisi bauran produk menurut Kotler (2009:16) adalah sebagai berikut
“Bauran Produk (Product Mix) adalah kumpulan dari semua produk dan unit produk yang ditawarkan penjual tertentu kepada
pembeli”.
Menurut Kotler dan Keller (2009:16), bauran produk
adalah kumpulan semua lini dan jenis produk yang ditawarkan oleh penjual agar
dibeli oleh pembeli. Bauran produk terdiri dari :
1.
Tingkat Kelebaran Produk
Lebar bauran produk mengacu pada jumlah liniproduk
berbeda yang ditawarkan perusahaan.
2.
Tingkat kepanjangan produk
Panjang bauran produk mengacu pada jumlah seluruh
jenis barang yang dibuat perusahaan.
3.
Tingkat kedalam produk
Dalam bauran produk merujuk pada jumlah versi yang
ditawarkan dari setiap produk dalam lini.
4.
Konsistensi bauran produk
Konsistensi bauran produk merujuk pada sebesarapa
dekat hubungan berbagai lini produk dalam pemakaian akhir, persyaratan
produksi, saluran distribusi atau dengan hal cara lain.
Empat dimensi bauran produk
mengizinkan perusahaan untuk memperluas bisnis mereka dengan empat cara bauaran
tersebut. Bisa dengan menambah lini produk, memperlebar bauarn produknya,
memperpanjang lini produk, menambah varian produk pada lini produk tersebut,
dan perusahaan bisa mencapai konsistensi yang lebih dari lini produk.
Comments
Post a Comment