Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok
yang dilakukan oleh pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk
berkembang, dan mendapatkan laba. Pemasaran dikembangkan dari kata pasar yang
berarti sarana atau tempat berkumpulnya orang yang terlibat dalam pemasaran. Dalam
pengertian abstrak pemasaran diartikan sebagai suatu kegiatan, proses atau
sistem keseluruhan. Definisi pemasaran menurut para ahli antara lain:
Menurut
Tjiptono (2008 : 5) pemasaran adalah “fungsi yang memiliki kontak yang paling
besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali
yang terbatas terhadap lingkungan eksternal”. Oleh karena itu, pemasaran
memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.
Menurut Buchari Alma (2007: 5): “Pemasaran adalah
proses merencanakan konsepsi, harga, promosi dan distribusi ide, menciptakan
peluang yang memuaskan individu dan sesuai dengan tujuan organisasi.”
Menurut Umar (2005 : 31) pemasaran meliputi
keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang
bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dan
mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli,
baik yang aktual maupun yang potensial.
Berdasarkan definisi-definisi pemasaran di atas dapat di tarik suatu
kesimpulan bahwa pemasaran adalah segala usaha atau aktifitas dalam
menyampaikan barang atau jasa para produsen kepada para konsumen, dimana
kegiatan tersebut bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan dalam cara
tertentu yang disebut pertukaran.
Comments
Post a Comment