Definisi Produk Menurut Para Ahli
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program
pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya.
Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut
tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berikut ini ada beberapa definisi produk menurut
beberapa ahli:
Menurut Kotler & Keller (2009:4), produk adalah segala sesuatu yang
dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan,
termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti,
organisasi, informasi, dan ide.
Menurut Buchari Alma (2007: 139) yaitu “Produk ialah seperangkat atribut
baik berwujud maupun tidak berwujud, termasuk didalamnya masalah warna, harga,
nama baik pabrik, nama baik toko yang menjual (pengecer), dan pelayanan pabrik
serta pelanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna memuaskan
keinginannya.”
William
J. Stanton (2008 : 139), mendefinisikan produk sebagai, “Seperangkat atribut
baik berwujud maupun tidak berwujud termasuk di dalamnya warna, harga, nama
baik produk, nama baik took yang menjual (pengecer) dan pelayanan pabrik serta
pelayanan pengecer yang diterima oleh pembeli guna memuaskan kebutuhan dan
keinginan”.
Fandy
Tjiptono (2008 : 88), “Produk
merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan,
diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar yang bersangkutan”.
Sumber Fandy Tjptono (2008 : 88)
Produk harus dipandang sebagai
pemecah masalah jika mereka dibeli karena manfaat yang dihasilkannya, bukan
karena produk itu semata. Produk meliputi lebih dari sekedar barang berwujud.
Dalam defenisi secara luas, produk meliputi objek secara fisik, jasa, orang,
tempat, organisasi, dan ide. Secara konseptual, produk adalah pemahaman
subyektif dari produsen atas sesuatu yang bias ditawarkan sebagai usaha untuk
mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen,
sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Selain
itu, produk dapat pula di defenisikan sebagai persepsi konsumen yang dijabarkan
oleh produsen melalui hasil produksinya.
Comments
Post a Comment