Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)
Dalam pemasaran terdapat strategi
pemasaran yang disebut bauran pemasaran (Marketing mix) yang memiliki peranan
penting dalam mempengaruhi konsumen agar dapat membeli suatu produk atau jasa
yang ditawarkan oleh perusahaan. Elemen-elemen bauran pemasaran terdiri dari
semua variabel yang dapat dikontrol perusahaan untuk dapat memuaskan para
konsumen. Pengertian bauran pemasaran.
Menurut Buchari Alma (2007:130) “Marketing mix
merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi
maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan”.
Menurut Kotler
(2008:62) “bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali –
produk, harga, tempat, dan promosi yang diperlukan perusahaan untuk
menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran”.
Dari beberapa definisi tersebut
dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang baik
yang berada dalam suatu perusahaan, dimana perusahaan mampu mengendalikannya
agar dapat mempengaruhi respon pasar sasaran.
Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat
pemasaran yang dikenal dalam istilah 4P, yaitu product ( produk), price
(harga), Place (tempat atau saluran
distribusi), dan promotion (promosi),
sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan
seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process
(proses), sehingga dikenal dengan istilah 7P maka dapat disimpulkan bauran
pemasaran jasa yaitu product, price,
place, promotion, people, physical evidence, dan process.
Comments
Post a Comment