Skip to main content

Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)

Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)


Dalam pemasaran terdapat strategi pemasaran yang disebut bauran pemasaran (Marketing mix) yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi konsumen agar dapat membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Elemen-elemen bauran pemasaran terdiri dari semua variabel yang dapat dikontrol perusahaan untuk dapat memuaskan para konsumen. Pengertian bauran pemasaran.
 Menurut Buchari Alma (2007:130) “Marketing mix merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan”.
Menurut Kotler (2008:62) “bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat, dan promosi yang diperlukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran”.
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, dimana perusahaan mampu mengendalikannya agar dapat mempengaruhi respon pasar sasaran.




Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dalam istilah 4P, yaitu product ( produk), price (harga), Place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi), sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses), sehingga dikenal dengan istilah 7P maka dapat disimpulkan bauran pemasaran jasa yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process.

Comments

Popular posts from this blog

Definisi bauran produk menurut Kotler (2009:16)

Definisi  bauran produk menurut Kotler (2009:16) Definisi bauran produk menurut Kotler (2009:16) adalah sebagai berikut “Bauran Produk ( P roduct M ix) adalah kumpulan dari semua produk dan unit produk yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli ” . Menurut Kotler dan Keller (2009:16), bauran produk adalah kumpulan semua lini dan jenis produk yang ditawarkan oleh penjual agar dibeli oleh pembeli. Bauran produk terdiri dari : 1.     Tingkat Kelebaran Produk Lebar bauran produk mengacu pada jumlah liniproduk berbeda yang ditawarkan perusahaan. 2.     Tingkat kepanjangan produk Panjang bauran produk mengacu pada jumlah seluruh jenis barang yang dibuat perusahaan. 3.     Tingkat kedalam produk Dalam bauran produk merujuk pada jumlah versi yang ditawarkan dari setiap produk dalam lini. 4.     Konsistensi bauran produk Konsistensi bauran produk merujuk pada sebesarapa dekat hubungan berbagai lini prod...

Definisi Produk Menurut Para Ahli

Definisi Produk Menurut Para Ahli P roduk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berikut ini ada beberapa definisi produk menurut beberapa ahli: Menurut Kotler & Keller (2009:4), produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide. Menurut Buchari Alma (2007: 139) yaitu “Produk ialah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, termasuk didalamnya masalah warna, harga, nama baik pabrik, nama baik toko yang menjual (pengecer), dan pelayanan pabrik serta pelanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna memuaskan keinginannya.” William J. Stanton (2008 : 139), mendefinisikan produk sebaga...